Sejarah Visual Basic

Ditulis oleh: -


Visual Basic berasal dari pengembangan bahasa BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) pada awal tahun 1960 di Dartmouth College, Amerika Serikat.

Diawali dengan lahirnya komputer pribadi (Personal Computer / PC) pertama, bermerek MITS Altair pada tahun 1975.

Bill Gates dan Paul Allen menciptakan bahasa pemrograman BASIC untuk Altair. Ternyata sambutan masyarakat sangat baik, karena itu akhirnya mendorong mereka mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang software bernama Microsoft, yang sampai saat ini merupakan salah satu vendor perangkat lunak terbesar di dunia.

Pada tahun 1982, IBM/PC diperkenalkan kepada masyarakat. Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini, dimana didalamnya disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC). Sejak tahun 1990, era DOS mulai berlalu kemudian digantikan oleh era Windows yang lebih mengedepankan Graphical User Interface (GUI) yang sangat booming.

Microsoft lalu membuat BASIC versi Windows yang dikenal dengan nama Visual Basic. Sampai saat ini Visual Basic telah mengalami evolusi berkali. Evaluasi terakhir adalah Visual Basic .Net yang dirilis pada tahun 2008.

Pada tutorial ini yang digunakan adalah Visual Basic 6.0 yang dirilis pada tahun 1998. Pemilihan bahasa pemrograman ini bukan tanpa alasan, dengan fasilitas kemudahan, integrasi dengan sistem operasi windows. Fasilitas untuk mengakses berbagai macam basis data, serta tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang terlalu high-end membuat versi ini masih diminati dalam waktu-waktu sekarang ini.

Tutorial yang banyak bertebaran diberbagai pustaka / website membuat komunitas-komunitas untuk berdiskusi mengenai bahasa pemrograman ini cukup banyak, sehingga memudahkan untuk berdiskusi atau tanya pendapat mengenai permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran.


Sumber: Yunizal, Edri (2009). Pemrograman Berorientasi Objek: Implementasi Aplikasi Inventory. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press
Comments
0 Comments

0 komentar "Sejarah Visual Basic", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar